Berbahayakah, Pakai Tusuk Gigi Setelah Makan?

  • 2 min read
  • Aug 11, 2021

Jabanjia.com – Nah, perlu Jialovers pahami bahwa hampir semua orang mempunyai kebiasaan membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan memakai tusuk gigi. Lantas, apakah aman memakai tusuk gigi?

Tusuk gigi adalah sebatang kayu atau plastik yang dipakai untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan dari gigi, biasanya seusai makan. Tusuk gigi umumnya memiliki satu atau dua ujung yang tajam untuk disisipkan di antara gigi. (Wikipedia, 2021)

Biasanya masyarakat memakai tusuk gigi untuk bersihkan sela-sela gigi karena kurangnya pengetahuan tentang kesehatan mulut dan gigi serta efek negatif dari pemakaian tusuk gigi. Tusuk gigi sering dijumpai hampir disemua restoran atau warung makan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang terbungkus rapi sampai sekadar potongan kayu kecil seperti lidi yang ada di atas meja makan.

Menurut Academy of General Dentistry, pemakaian tusuk gigi dibolehkan jika tidak ada pilihan lain yang tersedia dan harus digunakan dengan hati – hati. Meski begitu, dokter gigi benar-benar tidak menganjurkan tusuk gigi digunakan untuk membersihkan sisa – sisa makanan disela-sela gigi Jialovers. Masih ada pilihan lain yang lebih aman untuk bersihkan sela-sela gigi yakni memakai dental floss. Dental floss adalah benang gigi yang fleksibel, tidak mudah putus, dan bisa masuk ke celah – celah gigi yang sempit dan bisa mengikuti kontur gigi tanpa merusak jaringan gusi di sekitarnya.

Sedangkan tusuk gigi dalam pemakaiannya lebih banyak efek negatifnya terhadap kesehatan mulut dan gigi.

Lalu, apa bahaya menggunakan tusuk gigi?

  1. Pemakaian tusuk gigi bisa merusak jaringan penyangga gigi karena bentuk tusuk gigi yang tidak sesuai struktur anatomi gusi dan gigi, keras, dan tidak fleksibel sehingga bisa menimbulkan pendarahan pada gusi dan mengakibatkan infeksi.
  2. Tusuk gigi bisa merusak jaringan lunak di sekitar gigi sehingga bisa mengakibatkan infeksi pada jaringan lunak mukosa rongga mulut.
  3. Bisa membuat sela atau memperlebar sela antara gigi sehingga gigi jadi lebih mudah renggang.
  4. Bisa merusak akar gigi. Bila Jialovers mengalami penurunan gusi dan akar gigi jadi terbuka, maka akar gigi itu jadi sangat rentan terhadap kerusakan karena penggunaan tusuk gigi yang tidak tepat.
  5. Tusuk gigi bisa juga merusak enamel gigi atau lapisan luar pada gigi.

Wah, rupanya kebiasaan menggunakan tusuk gigi itu banyak resikonya ya. Dibanding Jialovers memakai tusuk gigi lebih baik menggunakan dental floss untuk bersihkan sela-sela gigi. Penggunaannya lebih aman dan tidak merusak gigi.