5 Perbedaan Self Love dan Selfish, yang harus Kamu Ketahui!

  • 2 min read
  • Aug 09, 2021

Jabanjia.com – Akhir-akhir ini fenomena self love kembali muncul. Self love sendiri mempunyai arti bahwa kita harus menyukai diri sendiri dan mengharuskan untuk memperlakukan dan menerima diri kita sendiri dengan baik dan apa adanya. Tetapi, saat ini orang-orang sering keliru dalam mengartikan makna dari self love ini.

Beberapa orang memandang jika semua hal yang baik untuk dirinya, atau memberikan keuntungan untuknya sebagai bentuk dari self love. Meski sebenarnya hal-hal yang sudah dilakukan hanya untuk membawa kebaikan dan keuntungan saja itu adalah selfish. Karena self love sendiri tidak berarti memenuhi diri dengan semua kemauan yang memberikan keuntungan.

Karena itu, sebelum lakukan hal-hal yang disebut “self love”, sebaiknya kita kenali lebih dulu apa saja perbedaan self love dan selfish secara benar.

1. Penyebab Self Love dan Selfish

Beberapa orang salah mengartikan makna dari self love ini sehingga berujung dengan melakukan selfish. Oleh karena itu, kita harus mengetahui awal mula timbulnya self love dan selfish ini. Self love ada karena adanya rasa cinta pada diri kita sendiri. Sedangkan selfish sendiri ada karena ada rasa sakit hati atau perasaan takut yang ada karena suatu peristiwa yang pernah dialami.

Jika kamu lakukan sesuatu berdasarkan rasa sakit hati atau perasaan takut meski hal itu memberikan keuntungan dirimu sendiri, berarti kamu melakukannya karena selfish. Karena itu, hentikanlah segera dan segera ubah mindsetmu.

2. Cara Mengendalikan Emosi

Salah satu perbedaan yang bisa disaksikan dari self love dan selfish ini adalah dari cara mengendalikan emosi. Kebanyakan, orang yang mempunyai self love cenderung mampu mengendalikan emosinya dengan baik karena orang itu sudah sangat mengenal dan memahami dirinya sendiri.

Adapun kebalikannya, orang yang selfish cenderung susah mengendalikan emosinya. Hal ini karena mereka tidak mengerti dirinya sendiri dengan baik, mereka cenderung lakukan hal sesukanya yang penting memberikan keuntungan dirinya sendiri dan berlindung dibalik kata self love. Saat mereka merasakan emosi negatif, mereka cenderung lebih terbawa emosi tersebut dan kehilangan kendali atas dirinya sendiri.

3. Cara Mengambil Keputusan

Orang-orang yang mempunyai self love umumnya selalu mempertimbangkan diri sendiri dan orang lain sebelum melakukan tindakan atau mengambil keputusan karena mereka mengetahui keputusan yang mereka ambil mempunyai hubungan dengan orang lain. Beda hal dengan orang orang yang selfish, mereka cenderung mengutamakan dirinya di atas segalanya sehingga saat ambil suatu keputusan mereka tidak mempertimbangkan orang lain.

4. Mengetahui Kemampuan dan Keterbatasan Diri

Hal lain yang berbeda dari self love dan selfish ini adalah pengetahuan menilai kemampuan dan kekurangan diri. Dengan mengimplementasikan self love, umumnya bisa mengenali kemampuan dan keterbatasan dirinya sendiri. Sehingga ketika mereka mengerjakan sesuatu, mereka akan tahu apa yang mereka akan lakukan dan kapan mereka menghentikannya.

Sedangkan selfish umumnya tidak pernah ingin mengakui jika dirinya tidak sanggup, dan masih tetap memaksa bekerja walau dirinya sudah lelah. Individu ini bukan hanya memaksa kehendak untuk dirinya, tapi juga untuk orang lain. Hal ini nantinya akan berpengaruh dengan rusaknya hubungan pekerjaan dan pertemanan, dan tugas juga pada akhirnya tidak selesai maksimal.

5. Cara Mendengarkan Pendapat Orang Lain

Orang yang telah menerapkan self love dalam dirinya cenderung akan lebih mendengarkan dan menerima opini seseorang dengan baik walau pendapat tersebut tidak sejalan dengannya. Berbeda dengan orang yang selfish, mereka cenderung menolak mentah-mentah opini seseorang karena tidak mau ada perdebatan, walau sebenarnya hal tersebut merupakan suatu yang salah.

Itu 5 perbedaan self love dan selfish. Jika kamu salah mengira self love dan selfish ini, segera ganti pola pikir kamu dan tetap berusaha agar bisa menerapkan self love pada diri kamu. Semangat!