5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Jerawat, Selain Salah Pakai Skincare

  • 2 min read
  • Aug 10, 2021

Jabanjia.com – Jialovers, kulit umumnya memiliki banyak problem yang susah diatasi karena berada di bagian luar tubuh. Contohnya saja, masalah yang biasa terjadi pada kulit muka kita adalah kulit berjerawat.

Jerawat adalah keadaan di mana pori-pori Jialovers mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang. Sayang, jerawat tidak akan pernah bisa dihindari, Jialovers. Tiap orang tentu pernah memiliki permasalahan jerawat di masa hidupnya.

Salah satu pemicu seseorang memiliki jerawat biasanya karena pemakaian produk skincare yang tidak tepat. Bisa saja karena ada kandungan-kandungan yang tidak cocok oleh Jialovers atau pemakaian produk yang tidak sesuai jenis kulit yang dimiliki.

Sayangnya, Jialovers tidak dapat menyalahkan masalah jerawat pada produk skincare sepenuhnya. Kenyataannya, ada banyak kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan jerawat muncul di wajah, nih.

Kebiasaan buruk yang menimbulkan jerawat

Supaya tidak mengulang kesalahan yang serupa, ada banyak kebiasaan buruk yang perlu Jialovers tinggalkan dimulai dari saat ini. Mengutip dari situs Healthy Essensial, berikut deretannya.

1. Pemakaian make up tak sesuai

Jialovers mungkin tipe orang yang sering memakai makeup. Pemakaian makeup berbahan dasar minyak bisa menjadi salah satu alasan kenapa kulit Jialovers berjerawat.

Meski bisa menangani kulit kering, faktanya minyak jauh lebih mudah menjebak sel-sel kulit mati dan membuat peradangan. Pastikan Jialovers tidak memiliki make up yang dapat menyumbat pori-pori, ya.

Disamping itu, pastikan Jialovers selalu menggunakan aplikator yang bersih. Spon dan kuas yang Jialovers gunakan setiap hari bisa menampung banyak sel-sel kulit mati dan bakteri. Karena itu, jangan lupa bersihkan dan sikat aplikator tiap minggu dengan pembersih khusus.

2. Mencuci wajah berlebihan

Jika Jialovers membersihkan muka lebih dari dua kali sehari, memakai toner yang mengandung alkohol, dan melewatkan pelembap, ada peluang wajah Jialovers jadi kering secara berlebihan. Saat kulit kering, badan akan menghasilkan lebih banyak minyak yang tentu saja bisa mengakibatkan jerawat.

Melewatkan pelembap mungkin cara yang efektif untuk kurangi minyak pada kulit berminyak. Faktanya, yang akan terjadi ialah kebalikannya. Yakinkan Jialovers memakai pelembap dan tirai surya sesudah membersihkan muka, ya.

3. Penggunaan handphone yang kotor

Saat Jialovers menelepon seseorang dan menempelkan handphone ke pipi atau telinga, pernahkah merasakan ada jerawat yang kerap muncul di tempat tersebut?

Handphone penuh dengan bakteri, Jialovers. Makin sering Jialovers tempelkan handphone ke pipi, maka makin sering Jialovers akan berjerawat. Lebih bagus, bersihkan handphone secara teratur dan selalu membersihkan tangan sebelum tempelkan ke muka.

4. Stres

Masa pandemi adalah alasan kenapa seseorang bisa lebih sering stres dibanding sebelumnya, Jialovers. Sayangnya, stres juga bisa mengakibatkan munculnya jerawat, lho. Hal ini bahkan sudah bisa dibuktikan lewat sebuah penelitian.

Jika Jialovers memasuki masa di mana Jialovers memiliki banyak tekanan, pastikan Jialovers mempunyai sedikit waktu untuk santai. Jialovers bisa tinggalkan pekerjaan sesaat untuk olahraga, makan siang, dan lain-lain. Dapatkan waktu santai untuk melakukan rutinitas skincare, ya.

5. Alergi makanan

Susu adalah salah satu produk yang banyak mengandung hormon pertumbuhan dan zat inflamasi lain yang dapat menimbulkan pori-pori mampet, Jialovers. Walau sulit diketahui, biasanya jerawat akan muncul sesudah Jialovers konsumsi es krim, yoghurt, atau produk susu yang lain.

Selain susu, ada makanan lain yang bisa mengakibatkan jerawat karena alergi nih, Jialovers. Misalkan saja telur, ikan, kerang, kacang tanah, gandum, atau kedelai. Selain jerawat, menghindari makanan yang menimbulkan alergi bisa juga membuat Jialovers terbebas dari kembung dan nyeri persendian.